Senin, 19 Mei 2014

Seledri Kaya Manfaat


Tahukah kamu kalau seledri ( Celery Apium Grafeolens ) berguna untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya? Seledri sudah dikenal sebagai tanman obat sejak tahun 1942, tanaman ini mengandung vitamin A, C dan B1. Selain itu, seledri juga banyak mengandung mineral seperti sodium, chlorine, potassium, (potash), magenesium, protein, calcium, asparagine apigenin, kholin, saponins, essential oils atau minyak atsiri, senyawa sedatif (phathalide) dan fiber atau serat.

 Akar seledri juga dapat mengobati darah tinggi, kolesterol, diare, diabetes, epilepsi, migrain, buang air kecil mengandung darah mencegah stroke, memperbaiki fungsi hormon, dan membersihkan darah. Sebagai stimulan enzim pencernaan dan menambah jumlah air kencing (diuretic). Biji seledri memiliki fungsi mengobati rheumatik, bronchitis, asma, liver dan spleen disease, colic/ mulas dan sakit perut setelah melahirkan. Buah dan biji nya sebagai pereda kejang (antipasmodik), menurunkan kadar asam urat darah, antirheumatic, laxative urine (diuretic), peluruh kencing dan gas tubuh  (carminative), afrisak dan penenag (sedatif )

Nutrisi Seledri
Seledri adalah sumber vitamin A yang sangat kaya. Warna nya yang hijau tua pada daun, lebih banyak mengandung vitamin A. Selesdri juga mengandung vitamin C, B1, B2, calcium, magnesium, phosphorus, potassium, dan coumarins yang dipercaya dapat mencegah kanker. Sebuah komponen chemical di dalam derivat essential oil pada biji seledri sebagai anti-cancer properties, dan banyak penelitian menunjukan hasil positif bahwa seledri mampu menghambat pertumbuhan tumor pankreas, payudara dan liver.

Fakta lainnya, Seledri juga mengandung polyacetylene, yang dapat membunuh jamur dan bakteri. Komponen ini juga memiliki anti-inflammatory effects. Dan kandungan flavonoids (apigenin), butyl phthalide compounds, dan potassium in celery (Apium graveolens Linn) dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada hipertensi.

Untuk tahu lebih banyak jumlah nutrisi pada seledri, Dapat anda baca pada tabel berikut ini:

Nutritional value per 100g berdasarkan USDA
Energy
16 kcal
Carbohydrates
3 g
Sugars
1.4 g
Dietary fibre
1.6 g
Fat
0.2 g
Protein
0.7 g
Water
95 g
Vitamin A equiv.
22 μg
Thiamine
0.021 mg
Riboflavin
0.057 mg
Niacin 
0.323 mg 
Vitamin B6
0.076 mg
Folate 
36 μg 
Vitamin C
3 mg
Vitamin E
0.27 mg 
Vitamin K
29.3 μg
Calcium
40 mg
Iron
0.2 mg
Magnesium
11 mg
Phosphorus
24 mg
Potassium
260 mg
Sodium
80 mg
Zinc
0.13 mg
Manfaat Seledri Untuk Kesehatan
Mengandung antioxidan
Seledri mengandung antioxidan dan flavonoids luteolin types yang membantu menangkal radikal bebas. Luteloin jugan berguna sebagai metabolisme tubuh.

Sebagai  anti-inflammatory material
Seledri mengandung anti-inflammatory substances, yang dikenal efektif untuk pencegahan masalah osteoartharitis tulang dan sakit pada persendian.

Boost immunity
Seledri kaya akan vitamin A dan vitamin C sebagai antioxidan yang penting pada pembentukan sistem imun. Vitamin C membantu produksi kolagen yang membantu melindungi kulit agar tetap kenyal, lentur, kencang dan sehat.

Memperkuat Tulang
Seledri mengandung vitamin K yang berperan dalam pembentukan protein synthesis (type osteocalcin) yang menguatkan pertumbuhan tulang dan gigi.

Melindungi Jantung
Tubuh kita memproduksi amino acid yang disebut homocysteine yang dapat​​ mengganggu fungsi normal pembululuh darah dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Seledri mengandung vitamin B9 atau folate, yang membantu mengubah asam amino menjadi simpler molecules yang melindungi dari serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Membantu Mencegah Kanker
Senyawa myristicin organic dalam seledri dapat mencegah proliferasi sel kanker pada tubuh. Myristicin juga mengaktifkan enzim dan membantu menetralkan senyawa berbahaya yang menyebabakan kanker prostat dan usus besar.

Membantu Menurunkan Demam pada Anak
Seledri mengandung sodium untuk menurunkan panas demam pada anak – anak. Sebagai pereda kejang ( anti-pasmodik )

Meningkatkan Kecerdasan
Karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk stimulasi otak.

Bermanfaat Untuk Kecantikan
Efektif merangsang pertumbuhan rambut, menghitamkan rambut, mencegah rambut rontok, menjaga kekencangan kulit, mencegah timbulnya kerutan pada wajah, melarutkan lemak, dan menurunkan berat badan. 
 Kunjungi website kami di www.phaseoslim.com
This entry was posted in .

0 komentar:

Posting Komentar